Sabtu, 25 Juli 2009

FILOSOFI

1. Biaya Versus Keuntungan Warnet/Game-Online. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun warnet dengan 20 unit komputer bila dibandingkan 40 unit komputer tidaklah 2 kali lipatnya, namun hanya sekitar 1,5 kali lipatnya. Namun keuntungan yang diperoleh, bukan hanya 2 kali lipatnya, namun dapat mencapai 3 kali lipatnya. Karena itu, sebenarnya, bila tersedia modal dalam jumlah yang besar, dari segi bisnis lebih baik membuka warnet dengan kapasitas unit yang langsung besar (mega-branch).

2. Dana Terbatas, Risiko Tinggi, dan Pilihan Sistem Franchise.
Sayangnya, tidak semua orang memiliki dana dalam jumlah besar. Selain itu, walaupun dananya tersedia, mengeluarkan modal dalam jumlah yang langsung besar untuk menjalankan bisnis yang relatif baru bagi sebagian besar orang, memiliki risiko yang tinggi. Karena itu, investor atau calon pengusaha yang melihat potensi luar biasa dari pasar warnet di Indonesia, biasanya mulai mempertimbangkan sistem franchise.

3. Sistem Franchise di Indonesia Memiliki Banyak Keterbatasan. Masalah calon pengusaha warnet ternyata malah bertambah ketika membaca berbagai ketentuan dari franchisor warnet / game-online yang telah malang melintang di bisnis dunia maya ini. Mulai franchise-fee yang cukup besar (bisa mencapai Rp 80 juta untuk 5 tahun pertama), harus menyediakan modal dan tempat sendiri, mesti mengelola sendiri, bahkan diwajibkan harus membayar royalty-fee dan marketing-fee setiap bulannya. Selain itu, bila di kemudian hari usaha mengalami kerugian, maka seluruh risiko ditanggung 100% oleh investor, dan franchisor cenderung lepas tangan.

4. Diperlukan Sistem Pendirian Warnet/Game-Online yang Inovatif, Sederhana dan Terjangkau Lebih Banyak Orang. Karena itu, dibutuhkan terobosan sistem pendirian warnet baru yang inovatif, sederhana, namun memungkinkan lebih banyak anggota masyarakat untuk berpartisipasi dalam kepemilikannya. Dengan cara ini, sistem monopoli pun dapat dihindarkan, sehingga jasa pelayanan warnet/game-online menjadi lebih bersaing dan lebih terjangkau lagi.

Didasari berbagai pertimbangan di atas, kami Sinan Cyber Corner, salah satu divisi dari CV Sinan Sejahtera Mandiri, memberanikan diri menawarkan suatu konsep unik pendirian Meg@Branch di berbagai lokasi strategis, dengan mengajak partisipasi Anda semua dalam mewujudkannya.

Tidak ada komentar: