Sabtu, 25 Juli 2009

LATAR BELAKANG

1. Pengguna Internet di Indonesia Baru 9% Saja. Dari data World Statistic for Internet User pada Juli 2007, Indonesia merupakan salah satu dari 20 negara pengguna internet terbanyak di dunia. Walaupun demikian, dari 225 juta penduduk Indonesia, baru 9% saja (20 juta orang) yang sudah menggunakan internet. Bandingkan misalnya dengan Australia, di mana lebih dari 70% rakyatnya telah melek internet, atau di negara tetangga Singapura di mana lebih dari separuh warganya sudah terbiasa berinternet ria.

2. Lebih dari 70% Pengguna Internet Memilih Warung Internet. Dari sekitar 20 juta pengguna internet tersebut, lebih dari 14 juta orang memilih warung internet sebagai sarana mengakses dunia maya tersebut. Baru sekitar 30% (atau sekitar 6 juta orang saja) yang sudah mampu memiliki akses internet pribadi, karena biaya bulanannya yang relatif mahal dan prasarana yang harus disediakan juga belum terjangkau sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain itu, khusus untuk penggemar game-online, kehadiran warnet/game-online centre tidak dapat digantikan dengan akses pribadi di rumah/laptop, karena tidak memiliki nuansa kebersamaan seperti halnya di game-online centre.

3. Baru Sepuluh Ribu Warnet di Awal Tahun 2008. Karena tidak sederhananya teknis maupun prosedur pendirian warnet, berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Warnet Indonesia, di awal tahun 2008 baru terdapat sekitar 10.000 warnet saja di seluruh Indonesia. Bila harus melayani sekitar 14 juta pelanggan internet, berarti pasar yang dimiliki adalah sekitar 1400 pelanggan untuk setiap warnet. Sungguh merupakan pasar yang masih sangat potensial.

Tidak ada komentar: